selamat datang di rumah kuu.......
semoga kalian merasa nyaman berada disini...

Rabu, 28 November 2012

ISOLASI EUGENOL DALAM MINYAK CENGKEH


Isolasi eugenol dapat dilakukan melalui beberapa jenis proses pemurnian(isolasi). Di antaranya, yaitu proses ekstraksi, distilasi fraksionasi (rektifikasi),kromatografi kolom, ekstraksi superkritik, dan distilasi molekuler (Anny S, 2002).Selama ini, telah dilakukan pengambilan eugenol hanya dengan proses ekstraksimenggunakan NaOH dan menghasilkan kadar eugenol sebesar 82,6% (SriSuhenry, 2001). Selain itu juga telah dilakukan pengambilan dengan caraekstraksi minyak daun cengkeh menggunakan NaOH berlebih dan dilanjutkan proses pengasaman dengan larutan HCl pekat, hanya mencapai kadar eugenolsekitar 86% ( Sediawan, 2003 ). Dari proses ekstraksi ini, kelemahan terjadi pada proses recovery solven. Untuk itu, pada penelitian ini dilakukan isolasi eugenoldengan distilasi fraksionasi tekanan rendah tanpa menggunakan bahan lain seperti pelarut serta mencegah dekomposisi komponen dalam minyak daun cengkeh.Teknologi ini diharapkan dapat mengambil komponen eugenol sebagai produk utama dari minyak daun cengkeh tanpa merusak performa minyak daun cengkehtersebut karena berlangsung pada temperatur rendah.

4 komentar:

  1. mengapa pada ekstraksi minyak daun cengkeh menggunakan NaOH berlebih dan dilanjutkan proses pengasaman dengan larutan HCl pekat, sedangkan pelarut basa kuat dan asam kuat yang lain banyak...

    BalasHapus
  2. penggunaan NaOH karena senyawa pada daun cengkeh yang diisolasi (eugenol) sangat reaktif terhadap NaOH, sehingga hasil ekstrak yang diperoleh dengan kadar yang lebih tinggi.. contohnya pada percobaan yang ada diblog anda, dari kadar 82,6%, bisa mencapai 86%
    http://3circus.blogspot.com/2012/06/sintetis-vanilin-dari-limbah-daun.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Penambahan NaOH dalam minyak daun cengkeh mengubah eugenol menjadi garam Na-eugenolat. Dengan bentuk garam yang memiliki sifat polar, maka eugenol dalam bentuk Na-eugenolat dapat dengan mudah terpisah dari komponen minyak daun cengkeh lain yang bersifat non polar.
    Setelah itu dilakukan penambahan HCl pada lapisan garam eugenolat yang bertujuan untuk mengubah garam eugenolat menjadi eugenol kembali.

    BalasHapus