selamat datang di rumah kuu.......
semoga kalian merasa nyaman berada disini...

Rabu, 06 Juni 2012

sintesis


Sintesis amida pada kelapa sawit

Hasil tanaman kelapa sawit….


Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak makan, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi. Minyak sawit dapat digunakan untuk begitu beragam peruntukannya karena keunggulan sifat yang dimilikinya yaitu tahan oksidasi dengan tekanan tinggi, mampu melarutkan bahan kimia yang tidak larut oleh bahan pelarut lainnya, mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.[1]
Bagian yang paling populer untuk diolah dari kelapa sawit adalah buah. Bagian daging buah menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng dan berbagai jenis turunannya. Kelebihan minyak nabati dari sawit adalah harga yang murah, rendah kolesterol, dan memiliki kandungan karoten tinggi. Minyak sawit juga diolah menjadi bahan baku margarin.
Minyak inti menjadi bahan baku minyak alkohol dan industri kosmetika. Bunga dan buahnya berupa tandan, bercabang banyak. Buahnya kecil, bila masak berwarna merah kehitaman. Daging buahnya padat. Daging dan kulit buahnya mengandung minyak. Minyaknya itu digunakan sebagai bahan minyak goreng, sabun, dan lilin. Ampasnya dimanfaatkan untuk makanan ternak. Ampas yang disebut bungkil inti sawit itu digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan makanan ayam. Tempurungnya digunakan sebagai bahan bakar dan arang.
Buah diproses dengan membuat lunak bagian daging buah dengan temperatur 90 °C. Daging yang telah melunak dipaksa untuk berpisah dengan bagian inti dan cangkang dengan pressing pada mesin silinder berlubang. Daging inti dan cangkang dipisahkan dengan pemanasan dan teknik pressing. Setelah itu dialirkan ke dalam lumpur sehingga sisa cangkang akan turun ke bagian bawah lumpur.
Sisa pengolahan buah sawit sangat potensial menjadi bahan campuran makanan ternak dan difermentasikan menjadi kompos.


5 komentar:

  1. Minyak sawit digunakan sebagai bahan baku minyak makan, margarin, sabun, kosmetika, industri baja, kawat, radio, kulit dan industri farmasi.
    pada bidang kosmetik,adakah pengaruh atau efek samping dari pengelolahan minyak sawit terhadap kulit?...
    jawab donk...

    BalasHapus
  2. menurut saya :
    tidak ada efek samping dari pengolahan minyak sawit terhadap kulit seperti yang di jelaskan pada artikel bahwa minyak sawit mempunyai daya melapis yang tinggi dan tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.

    BalasHapus
  3. pengelolahan minyak sawit pada kosmetik itu tidak berbahaya pada kulit karena tidak akan menimbulkan iritasi pada tubuh sebab minyak sawit mempunyai daya tahan oksidasi dengan tekanan yang tinggi...
    jadi aman untuk digunakan..

    BalasHapus
  4. menurut saya tidak akan berpengaruh pada kulit karna minyak sawit mempunyai daya melapis yang tinggi dan telah dikatakan pada artikel anda sendiri bahwa minyak sawit tidak menimbulkan iritasi pada tubuh dalam bidang kosmetik.

    BalasHapus
  5. minyak tersebut aman bagi kulit,, yang ditanyakan bukan pas dikonsumsikan?

    BalasHapus